Sebagai seorang pebisnis, Anda tentu tau betapa pentingnya sebuah modal bagi Anda. Hal ini tentu juga berlaku saat beriklan di Google Ads, di mana Anda mengeluarkan uang untuk harga iklan Google.
Setiap pebisnis pastinya menginginkan pemakaian budget seefektif mungkin, termasuk saat beriklan di Google Ads.
Namun taukah Anda, jika beriklan di Google Ads tidak ditentukan biaya yang akan Anda bayarkan?
Google Ads melakukan sistem periklanan berupa auction model atau model lelang, di mana karena model ini, Google akan menerima berapapun biaya yang Anda tawarkan.
Meskipun Google menerima semua bayaran yang Anda tawarkan, namun bukan berarti Google akan selalu menempatkan iklan Anda di tempat terbaik.
Apalagi bagi Anda yang menempatkan harga jauh di bawah harga pasaran Google.
Hal yang Mempengaruhi Harga Iklan Google
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa sistem Google Ads adalah sistem pelelangan. Karena itu, Anda harus tau bagaimana cara melakukan lelang yang baik.
Untuk mengetahui cara lelang yang baik, Anda harus mengetahui hal apa saja yang mempengaruhi biaya beriklan di Google Ads.
Berikut ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi biaya memasang iklan di Google Ads.
Tipe Iklan yang Digunakan dan Strategi Bidding
Hal pertama yang mempengaruhi biaya beriklan di Google Ads adalah tipe iklan yang digunakan dan strategi bidding yang Anda pakai
Ada beberapa jenis iklan yang bisa Anda pilih. Diantaranya seperti Search Ads, Shopping Ads, dan Display Network Ads.
Seacrh Ads merupakan iklan Cost Per Click (CPC) yang paling populer. Sementara itu, biaya Shopping Ads ditentukan dari besaran gambar yang Anda pasang.
Sedangkan Display Network Ads adalah jenis iklan CPC yang paling jarang digunakan.
Strategi Bidding juga merupakan hal yang berpengaruh dalam memasang iklan di Google Ads. Setiap pengiklan dapat memilih 8 strategi bidding yang berbeda.
Tiap strategi yang Anda pilih memiliki tujuan berbeda dan memiliki nilai jual yang berbeda pula.
Schedule dan Device Targeting
Hal lainnya yang juga mempengaruhi biaya pemasangan iklan di Google Ads adalah schedule iklan Anda dan device yang Anda targetkan.
Bila dalam sebuah periode pengiklanan terdapat banyak industri serupa yang ingin memasang iklan, maka akan makin mahal harga beriklan saat itu.
Namun meskipun harganya makin mahal, kualitas iklan yang Anda dapat juga semakin bagus.
Penyebab harga beriklan makin tinggi selanjutnya adalah device yang Anda targetkan. Untuk melakukan hal ini, Anda perlu melakukan research kata kunci.
Keyword B2C akan memiliki harga semakin mahal bila Anda menargetkan mobile device, sementara itu keyword B2B akan semakin mahal bila menargetkan desktop.
Jenis Industri Bisnis Anda
Jenis industri bisnis yang Anda tekuni juga dapat menambah nilai yang harus Anda bayar saat beriklan di Google Ads.
Setiap jenis bisnis memang memiliki nilai iklan yang berbeda. Nilai iklan ini tergantung seberapa tinggi persaingan dalam bisnis yang Anda tekuni.
Biasanya, bisnis real estate dan accounting memiliki nilai jual yang lebih besar dibandingkan jenis bisnis yang lain.
Hal ini dikarenakan persaingan di dalam bisnis real estate dan accounting tersebut cukup susah. Sehingga untuk mendapatkan iklan yang berkualitas, Anda juga harus merogoh kocek dalam.
Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan harga iklan Google menjadi lebih tinggi.
Kami melayani berbagai Jasa Konsultasi IT seperti Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online, Jasa Pembuatan Mobile Apps, Jasa Adwords, Pemasaran Online, Konsultan Digital Marketing, Vendor Projek IT, Vendor Konsultan IT, Vendor IT, dan lain nya. Anda bisa menghubungi kami di www.cycent.co.id atau call/WhatsApp kami di 0812-8399-0099 dan kami siap membantu anda.